SOSIALISASI DAN BIMTEK SDGs DESA GAJAHKUMPUL

Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi para operator SDGs (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) Desa Gajahkumpul ,Kec. Batangan Kab. Pati dilaksanakan pada hari rabu,21 April 2021. di balai desa Gajahakumpul. SDGs merupakan program dari Pemerintah Indonesia .dalam melakukan aksi global dalam rangka berhenti miskin dan kurangi serta melindungi lingkungan.
SDGs berisi 17 tujuan dan 169 target yang diharapkan dapat dicapai pada tahun 2030.Selain petugas operator yang disebut enemurator, bimtek  diisi oleh Pendamping Ahli ( bu i’in) Pendamping Kecamatan. disini para enemurator harus bekerja dengan teliti sesuai data di lapangan yaitu Kartu Keluarga (KK) dan kondisi riil di lapangan.
Dalam kesempatan ini menerangkan bahwa SDGs program yang murni baru, karena SDGs masuk ke dalam program Kementerian Desa (Kemendes) Dana untuk operasional kegiatannya pun didanai dari Dana Desa dan bertujuan untuk melihat kondisi riil masyarakat, guna perencanaan program pemulihan kondisi sosial ekonomi masyarakat, terutama pasca pandemi Covid-19.
Lanjut pada teknis bimbingan penginputan data pada aplikasi SDGs, melalui Handphone android masing-masing enemurator. dan untuk pelaksaan input data dilaksanakan door to door dari rumah  ke rumah warga. dan harus memberikan pertanyaan- pertanyaan sesuai yang ada di aplikasi.dan pertanyaannya juga banyak sekali.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan